ISD sebagai salah satu MKDU
Pendidikan
umum merupakan pendidikan dasar yang mengutamakan perluasan pengetahuan
yang diperlukan oleh peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke
jenjang yang lebih tinggi, maka tujuan pendidikan umum diperguruan
tinggi adalah untuk memperluas pengetahuan.
Tujuan mata kuliah dasar umum adalah :
· Sebagai usaha membantu perkembangan kepribadian mahasiswa agar mampu berperan sebagai anggota masyarakat, bangsa, serta agama.
· Untuk menumbuhkan kepekaan mahasiswa terhadap masalah – masalah dan kenyataan – kenyataan sosial yang timbul dalam masyarakat.
· Memberi
pengetahuan dasar kepada mahasiswa agar mereka mampu berpikir secara
interdisipliner sehingga memudahkan mereka berkomunikasi.
Kemampuan yg diharapkan dihasilkan dari lulusan pendidikan tinggi
Pendidikan tinggi diharapkan dapat menghasilkan sarjana-sarjana yang mempunyai seperangkat kemampuan yang terdiri atas
v Kemampuan akademik adalah kemampuan pengembangan disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni tertentu, yang mencakup program pendidikan sarjana , magister dan doktor
v Kemampuan profesi adalah kemampuan
pasca sarjana yang mempersiapkan perserta didik untuk memiliki
pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus. Lulusan pendidikan profesi
akan mendapatkan gelar profesi.
v Kemampuan pribadi adalah kemampuan/keahlian yang ada dalam diri sendiri
Dengan
kemampuan di atas lulusan perguruan tinggi diharapkan menjadi sarjana
yang mengabdikan keahliannya untuk kepentingan rakyat Indonesia dan umat
manusia pada umumnya
Latar belakang diberikannya mata kuliah ISD yaitu :
Ø
Banyaknya kritik yang ditujukan pada sistem pendidikan di perguruan tinggi oleh para cendikiawan. Mereka berpendapat bahwa sistem pendidikan yang berlangsung masih berbau kolonial dan masih warisan sistem pendidikan pemerintah Belanda.
Banyaknya kritik yang ditujukan pada sistem pendidikan di perguruan tinggi oleh para cendikiawan. Mereka berpendapat bahwa sistem pendidikan yang berlangsung masih berbau kolonial dan masih warisan sistem pendidikan pemerintah Belanda.
Ø Sistem pendidikan kita menjadi sesuatu yang elit bagi masyarakat sehingga kurang akrab dengan lingkungan masyarakat, serta tidak mengenali dimensi-dimensi lain diluar disiplin keilmuannya.
Ilmu Sosial Dasar
Pengertian ISD adalah untuk menjawab berbagai
tantangan dan persoalan dalam kehidupan lalu lahirlah berbagai cabang
kehidupanISD adalah gabungan dari disiplin ilmu sosial yang digunakan
dalam pendekatan dan pemecahan masalah sosial yang ada di lingkungan
sekitar kita. ISD memberikan dasar – dasar pengetahuan tentang konsep
untuk mengkaji gejala sosial.
ISD juga
merupakan bahan study untuk kepentingan program
pendidikan/pengajaran,diarahkan dalam pembentukan sikap dan kepribadian
bukan disiplin ilmu yang dapat berdirisendiri dan mempunyai materi yang
terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial
Study kasus:
kemiskinan
telah memperkecil kesempatan dalam mengakses pendidikan karena biaya
yang tak terjangkau.Menurut data Departemen Pendidikan Nasional, angka
putus sekolah jenjang pendidikan SD/MI antara tahun 2005/06 –2006/07
sebanyak 615.411 siswa. Sementara untuk pendidikan di SMP/MTs sebesar
232.834 siswa pada tahun yang sama. Kenyataan ini sungguh
memprihatinkan, ditengah para pemimpin kita mengeluarkan banyak uang
berebut puncak kekuasaan, di sisi lain anak-anak bangsa ini membutuhkan
dana untuk hal yang lebih penting, yakni mengakses dunia pendidikan.
Sungguh ironis. ”Pendidikan murah untuk masyarakat miskin”, slogan ini terkesan bahwa pendidikan itu membutuhkan biaya besar yang harus ditanggung oleh orang tua sehingga terasa memberatkan.
Sungguh ironis. ”Pendidikan murah untuk masyarakat miskin”, slogan ini terkesan bahwa pendidikan itu membutuhkan biaya besar yang harus ditanggung oleh orang tua sehingga terasa memberatkan.
Opini:
Seharusnya
anak-anak sekolah juga diberikan ketrampilan yang diimplementasikan,
dalam arti anak-anak sekolah disamping diberikan bekal ketrampilan
spesifik juga dilibatkan dalam proyek-proyek berhubungan dengan
ketrampilan tersebut sehingga mampu menghasilkan uang untuk membiayai
pendidikan mereka sendiri maka hal ini akan lebih efektif dan
efisien.dan semestinya pemerinta berusaha memperingan biaya pendidikan
mungkin BOS (Bantuan Operasional Sekolah) cukup membantu tapi itu dirasa
masih kurang untuk mengatasi besarnya biaya unit pendidikan.
Pada zaman sekarang ini pula seharusnya pendidikan sekolah masyarakat tidak mampu sebaiknya tidak terjadi, karena pada angaran belanja negara atau lebih spesifik ke anggaran belanja daerah, anggaran belanja pendidikan lah yang memiliki peringkat tertinggi. mungkin salah satu faktor penghambat penyaluran dana operasional sekolah karena ada faktor dari dalam. KKN misalnya. sekian pendapat saya, terima kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar