Layanan Telematika
1.
Layanan Informasi (Information Service)
Pada
layanan ini telematika menggabungkan sistem komunikasi dengan kendaran bergerak
seperti mobil untuk menawarkan layanan informasi secara langsung.
Contohnya :
a)
Navigation
assistant (real-time traffic information)
b)
Weather, stock
information
c)
Entertainment and
M-Commerce.
d)
Jasa pelayanan
internet.
e)
Telematika
terminal.
2.
Layanan Telematika di bidang Keamanan
Layanan
ini menyediakan fasilitas untuk memantau dan memberikan informasi bila ada
sesuatu yang berjalan tidak seharusnya. Layanan ini dapat mengurangi tingkat
pencurian dan kejahatan.
Contohnya :
a)
Emergency rescue
with 911
b)
Car location
tracing (thief-proof)
3.
Layanan Context-Aware dan Event-base
(Context-Aware Service)
Layanan
Context awareness adalah kemampuan sebuah sistem untuk memahami si user,
network, lingkungan, dan dengan demikian melakukan adaptasi yang dinamis sesuai
kebutuhan.
Contohnya :
a)
Vehicle Diagnostic
Service
b)
Car Insurance
based on driving statistic
4.
Layanan Perbaikan sumber (Resource Discovery Service)
Layanan
perbaikan sumber adalah layanan untuk penemuan layanan utilitas yang
diperlukan. The RDS juga berfungsi dalam pengindeksan lokasi layanan utilitas
untuk mempercepat kecepatan penemuan. Layanan perbaikan sumber yang
dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM). SDM
telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan
telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola, pengembang, pendidik,
dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan, dan
masyarakat pada umunya. Konsep pengembangan sumber daya manusia di bidang telematika
ditujukan untuk meningkatkan kualitas, kuantitas dan pendayagunaan SDM
telematika dengan tujuan untuk mengatasi kesenjangan digital, kesenjangan
informasi dan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam pemanfaatan teknologi
informasi dan komunikasi secara efektif dan optimal.
Contohnya :
a)
Yellow pages
service
Tidak ada komentar:
Posting Komentar