Rabu, 18 November 2015

TUGAS SOFTSKILL (Pengantar Telematika) - PENERAPAN SPEECH RECOGNITION LIBRARY UNTUK QUERY BASIS DATA

 Speech Recognition Libary Untuk Query Basis Data
  
Interaksi manusia dengan komputer dapat dengan mudah dilakukan bila ada interface sebagai media komunikasi. Penggunaan query basis data saat ini merupakan hal yang mutlak harus dilakukan oleh basis data administrator dalam pengelolaan basis data terutama untuk menyajikan laporan-laporan sesuai dengan permintaan manajemen. Adminstrator berinteraksi dengan komputer melalui media input keyboard ataupun mouse dalam berinteraksi. Pada kasus lain seringkali manusia dihadapi dengan ketidakmampuan secara fisik untuk berinteraksi dengan komputer. Sebagai contoh misalnya penderita cacat mata atau buta dan ketidakmampuan anggota badan dalam menggunakan media input seperti mouse dan keyboard. Hal ini yang menjadi dasar pemikiran betapa pentingnya Natural Language bagi kalangan penderita cacat yang akan berinteraksi dengan komputer. Hasil akhir yang diharapkan nantinya pengguna akhir melakukan query basis data melalui aplikasi tertentu yang dibuat khusus. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Speech Recognition Library untuk Query Basis data”. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode prototyping.

1.      PENDAHULUAN         
Speech Recognition berhubungan erat dengan bahasa sehari-hari. Bahasa merupakan Teknologi speech recognition merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan teknologi pengenalan wicara yang umat manusia. Bahasa dapat berupa catatan dari memanfaatkan sinyal suara manusia sebagai pengetahuan yang didapat dari kehidupan masukan untuk kemudian dikenali oleh sistem manusia dari generasi ke generasi berikutnya, komputer. Teknologi ini merupakan sedangkan dalam bentuk lisan merupakan sarana pengembangan interaksi antara manusia dengan komunikasi antar individu dalam kelompok komputer untuk meminimalisir peralatan input masyarakat. Bahasa alami atau natural language device seperti mouse, keyboard maupun adalah suatu bahasa yang diucapkan, ditulis atau peralatan interface lainnya. diisyaratkan oleh manusia untuk berkomunikasi secara umum sedangan query adalah ekspresi bahasa yang menggambarkan data yang akan didapatkan kembali dari sebuah basis data Interaksi manusia dengan komputer dapat dengan mudah dilakukan bila ada interface sebagai media komunikasi. Bagi yang sudah mahir dibidang komputer mungkin tidak perlu lagi menggunakan interface tetapi bagi user yang masih awam dipastikan tidak mungkin bisa berkomunikasi tanpa adanya interface.  Penggunaan query basis data saat ini sudah merupakan hal yang mutlak harus dilakukan oleh basis data administrator dalam pengelolaan basis data terutama untuk menyajikan laporan-laporan sesuai dengan permintaan manajemen. Saat ini  teknis penerapan query basis data administrator melakukannya dengan melakukan akses langsung ke dalam basis data. Adminstrator berkomunikasi dengan komputer melalui media input keyboard ataupun mouse dalam beriteraksi. Seringkali aplikasi yang digunakan sebagai interface untuk mengakses basis data dibuat dengan asumsi bahwa pengguna aplikasi tidak memiliki kebutuhan khusus. Sebuah aplikasi seharusnya dibuat dengan  menggunakan asumsi bahwa aplikasi tersebut juga akan digunakan oleh penyandang cacat. Hal ini yang menjadi dasar pemikiran betapa pentingnya Bahasa Alami bagi kalangan penderita cacat yang akan berinteraksi dengan komputer. Berdasarkan latar belakang tersebut, keterbatasan dalam berinteraksi dengan komputer dapat diatasi dengan menggunakan teknologi speech recognition yang akan diangkat menjadi bahan penelitian dengan judul “Penerapan Speech Recognition Library untuk Query Basis data”.

2.      RANCANGAN SISTEM
Rancangan sistem dalam penelitian ini terdiri dari:

a.      Flowchart Sistem
Dalam flowchart sistem ini dijelaskan gambaran secara garis besar sistem / aplikasi yang akan dibangun.

Gambar 1 flowchart program

b.      Tabel Sistem

 Tabel 1. query guru dan siswa

c.       Rancangan Menu Utama
Menggambarkan bentuk design menu utama/interface berserta sub menu guna merelasikan komputer dengan pengguna aplikasi

Gambar 2 tampilan menu utama

Dalam desain menu terdiri dari satu menu utama dan satu sub menu yang berfungsi untuk mengakses ke form perintah query.

Gambar 3. Design hasil query

3.      PEMBAHASAN
Sebelum menjalankan aplikasi ini sebelumnya harus diintalasi ke sistem. Aplikai ini khusus digunakan untuk basis data MySQL yang terhubungan dengan ODBCMySql agar dapat terkoneksi dengan aplikasi.

a.      Menu Utama

Gambar 4. Menu utama

Jika pada menu File ditekan maka akan tampil 1 menu yaitu perintah query berfungsi untuk menampilkan form masukan data query dengan data input berupa suara sekaligus untuk menjalankan form query.

Gambar 5. Menu file utama

b.      Query
Perintah Query digunakan untuk memasukkan perintah-perintah yang diinput dari media suara melalui microphone. Pilih file lalu pilih perintah query. Setalah tampil halaman perintah query lalu tekan tombol mulai. Selanjutnya sistem akan menunggu masukan melalui input suara. Setelah perintah diinput melalui suara selanjutnya pada kolom input akan muncul teks sesuai dengan perintah yang diinputkan. Selanjutnya tekan tombol tampilkan perintah query. Data hasil input melalui suara akan dikonversikan ke dalam bentuk bahasa query pada kolom dibawahnya. Selanjutnya tekan tombol tampilkan data. Setalah itu di layar akan akan ditampilkan data sesuai dengan perintah query.

Gambar 5. Query


4.      IMPLEMENTASI SISTEM
Setelah melakukan uji coba terhadap aplikasi yang dibuat ditemukan beberapa hasil:
·         Aplikasi mampu menterjemahkan masukan dari suara manusia ke dalam bentuk teks.
·         Aplikasi mampu menampilkan perintah query setelah mendapatkan perintah suara.
·         Dari perintah suara yang di dapat data dapat diolah dan hasil query akan ditampilkan sesuai dengan permintaan user.

Namun dari hasil uji coba di atas terdapat beberapa kekurangan dari aplikasi yang dibuat yaitu :
·         Input yang dapat diterima dan diterima dan diterjemahkan hanya kata-kata dari bahasa inggris.
·         Pengucapan kata harus tepat, jelas dan konsisten.
·         Aplikasi harus digunakan pada tempat yang bebas dari ganguan kebisingan atau suara luar.
·         Library SAPI (speech aplikasi programing interface) yang disertakan dalam setiap distribusi sistem operasi windows dirasakan sangat tidak stabil dan masih memerlukan peroses maturity untuk dapat dijalankan dengan sempurna pada query basis data

5.      KESIMPULAN
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, maka penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut :
·         Hasil penelitian adalah sebuah aplikasi speech recognition yang digunakan untuk menterjemahkan perintah suara menjadi perintah query yang dimengerti oleh komputer.
·         Dengan adanya aplikasi ini maka maka akan sangat membantu bagi database administrator terutama yang memiliki kekurangan dalam berinteraksi dengan komputer melalui keyboard tetapi tidak menutup kemungkinan aplikasi ini digunakan untuk umum.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar